RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : XI/ 2
Pertemuan ke :
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Kemampuan menganalisis sistem informasi, dasar hukum, struktur dasar dan menerapkan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang
II. KEMAMPUAN DASAR
1.1 Menerapkan struktur dasar akuntansi.
III. MATERI PEMBELAJARAN
1.3.2 Persamaan akuntansi
V. Metode pembelajaran.
1. Diskusi kelompok
2. Tanya jawab
IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No | Kegiatan | Life Skill | Waktu |
I | Pendahuluan 1. Apersepsi - Guru menanyakan kepada siswa dari mana saja informasi yang diperoleh siswa tentang persamaan akuntansi - Guru menerangkan kepada siswa tentang persamaan akuntansi. | Social Skill - Komunikasi lesan | 15 menit |
II | Kegiatan Pokok 1. Siswa diminta untuk mendiskusikan tentang persamaan akuntansi. 2. Siswa menganalisa transaksi dalam persamaan akuntansi | 1. Thinking skill - menggali informasi - mengolah informasi 2. Social Skill - Bekerjasama 3. Academic Skill - Identifikasi variabel - Menghubungkan variabel | 60 menit |
III | Penutup - Guru memberikan ulasan hasil analisa | Thinking skill - Memecahkan masalah | 15 menit |
V. PENDEKATAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Ketrampilan proses, tanya jawab, diskusi dan penugasan
B. Media pembelajaran : chart/bagan
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/ I
Pertemuan ke : 11
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Kemampuan menganalisis sistem informasi, dasar hukum, struktur dasar dan menerapkan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang
II. KEMAMPUAN DASAR
1.3 Menerapkan struktur dasar akuntansi.
III. MATERI PEMBELAJARAN
1.3.2 Pengaruh transaksi keuangan terhadap persamaan akuntansi
V. Metode pembelajaran.
3. Diskusi kelompok
4. Tanya jawab
IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No | Kegiatan | Life Skill | Waktu |
I | Pendahuluan 1. Apersepsi - Guru menanyakan kepada siswa dari mana informasi yang diperoleh tentang pengaruh transaksi keuangan terhadap persamaan akuntansi - Guru menerangkan kepada siswa tentang pengaruh transaksi keuangan terhadap persamaan akuntansi | Social Skill - Komunikasi lesan | 20 menit |
II | Kegiatan Pokok - Siswa diminta untuk menganalisa dan mendiskusikan tentang pengaruh transaksi keuangan terhadap persamaan akuntansi | 1. Thinking skill - menggali informasi - mengolah informasi 2. Social Skill - Bekerjasama 3. Academic Skill - Identifikasi variabel - Menghubungkan variable | 60 menit |
III | Penutup 1. Guru memberikan ulasan hasil analisa | Thinking skill - Memecahkan masalah | 0 menit |
V. PENDEKATAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Ketrampilan proses, tanya jawab, diskusi dan penugasan
B. Media pembelajaran : Chart/bagan
VI. PENILAIAN
A. Jenis tagihan
- Tugas individu
- Pertanyaan lisan
B. Aspek yang dinilai
- Konstribusi dalam kelas
- Pemecahan masalah
- Penguasaan materi
C. Bentuk soal
- Uraian
- Pilihan ganda
Guru Mapel Akuntansi
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/ I
Pertemuan ke : 12
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Kemampuan menganalisis sistem informasi, dasar hukum, struktur dasar dan menerapkan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang
II. KEMAMPUAN DASAR
1.3 Menerapkan struktur dasar akuntansi.
III. MATERI PEMBELAJARAN
1.3.2 Pencatatan transaksi dalam persamaan akuntansi
V. Metode pembelajaran.
5. Diskusi kelompok
6. Tanya jawab
IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No | Kegiatan | Life Skill | Waktu |
I | Pendahuluan 1. Apersepsi - Guru menanyakan kepada siswa dari mana informasi yang diperoleh tentang Pencatatan transaksi dalam persamaan akuntansi - Guru menerangkan kepada siswa tentang Pencatatan transaksi dalam persamaan akuntansi | Social Skill - Komunikasi lesan | 10 menit |
II | Kegiatan Pokok - Siswa diminta mendiskusikan dan mempraktekkan tentang pencatatan transaksi dalam persamaan akuntansi | 1. Thinking skill - menggali informasi - mengolah informasi 2. Social Skill - Bekerjasama 3. Academic Skill - Identifikasi variabel - Menghubungkan variabel | 60 menit |
III | Penutup - Guru memberikan ulasan hasil analisa | Thinking skill - Memecahkan masalah | 20 menit |
V. PENDEKATAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Ketrampilan proses, tanya jawab, diskusi dan penugasan
C. Media pembelajaran : Format persamaan akuntansi
VI. PENILAIAN
A. Jenis tagihan
- Tugas individu
- Pertanyaan lisan
B. Aspek yang dinilai
- Konstribusi dalam kelas
- Pemecahan masalah
- Penguasaan materi
C. Bentuk soal
- Uraian
Guru Mapel Akuntansi
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/ I
Pertemuan ke : 13
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Kemampuan menganalisis sistem informasi, dasar hukum, struktur dasar dan menerapkan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang
II. KEMAMPUAN DASAR
1.3 Menerapkan struktur dasar akuntansi.
III. MATERI PEMBELAJARAN
1.3.3 Macam-macam laporan keuangan berdasarkan persamaan dasar akuntansi
V. Metode pembelajaran.
7. Diskusi kelompok
8. Tanya jawab
IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No | Kegiatan | Life Skill | Waktu |
I | Pendahuluan 1. Apersepsi - Guru menanyakan kepada siswa dari mana saja informasi yang diperoleh siswa tentang macam-macam laporan keuangan - Guru menerangkan kepada siswa tentang 4 macam laporan keuangan. | Social Skill - Komunikasi lesan | 15 menit |
II | Kegiatan Pokok 1. Siswa diminta untuk mendiskusikan macam-macam laporan keuangan dari tugas perolehan laporan keuangan yang diambil melalui media cetak. 2. Siswa memaparkan macam-macam laporan keuangan 3. Siswa menjelaskan laporan keuangan | 1. Thinking skill - menggali informasi - mengolah informasi 2. Social Skill - Bekerjasama - Komunikasi lisan 3. Academic Skill - Identifikasi variabel - Menghubungkan variabel | 60 menit |
III | Penutup - Guru memberikan ulasan hasil analisa | Thinking skill - Mengambil keputusan - Memecahkan masalah | 15 menit |
V. PENDEKATAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Ketrampilan proses, tanya jawab, diskusi dan penugasan
B. Media pembelajaran : Macam-macam Laporan keuangan dari media cetak
VI. PENILAIAN
A. Jenis tagihan
- Tugas kelompok
- Pertanyaan lisan
B. Aspek yang dinilai
- Konstribusi dalam kelas
- Pengambilan keputusan
- Penguasaan materi
C. Bentuk soal
- Uraian
- Obyektif
Guru Mapel Akuntansi
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/ I
Pertemuan ke : 14
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Kemampuan menganalisis sistem informasi, dasar hukum, struktur dasar dan menerapkan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang
II. KEMAMPUAN DASAR
1.3 Menerapkan struktur dasar akuntansi.
III. MATERI PEMBELAJARAN
1.3.4 Penyusunan laporan keuangan berdasarkan persamaan dasar akuntansi
V. Metode pembelajaran.
9. Diskusi kelompok
10. Tanya jawab
IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No | Kegiatan | Life Skill | Waktu |
I | Pendahuluan 1. Apersepsi - Guru bertanya kepada siswa dari mana informasi yang diperoleh tentang laporan keuangan berdasarkan persamaan dasar akuntansi - Guru menerangkan kepada siswa tentang laporan keuangan berdasarkan persamaan akuntansi | Social Skill - Komunikasi lisan | 15 menit |
II | Kegiatan Pokok 1. Siswa diminta membuat laporan keuangan berdasarkan tugas pada pertemuan tentang transaksi dalam persamaan akuntansi. 4. Siswa mendiskusikan bersama-sama atau kelompok. | 1. Thinking skill - menggali informasi - mengolah informasi 2. Social Skill - Bekerjasama - Komunikasi lisan 3. Academic Skill - Identifikasi variabel - Menghubungkan variabel | 60 menit |
III | Penutup - Guru memberikan ulasan hasil analisa | Thinking skill - Mengambil keputusan - Memecahkan masalah | 15 menit |
V. PENDEKATAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Ketrampilan proses, tanya jawab, diskusi dan penugasan
B. Media pembelajaran : Macam-macam Laporan keuangan dari media cetak
VI. PENILAIAN
A. Jenis tagihan
- Tugas kelompok
- Unjuk kerja
B. Aspek yang dinilai
- Konstribusi dalam kelas
- Pengambilan keputusan
- Penguasaan materi
C. Bentuk soal
- Uraian
- Obyektif
Guru Mapel Akuntansi
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/ I
Pertemuan ke : 15
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Kemampuan menganalisis sistem informasi, dasar hukum, struktur dasar dan menerapkan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang
II. KEMAMPUAN DASAR
1.4 Menerapkan tahapan siklus akuntansi perusahaan jasa.
III. MATERI PEMBELAJARAN
1.4.1 Definisi perusahaan jasa
1.4.2 Ciri-ciri perusahaan jasa
V. Metode pembelajaran.
11. Diskusi kelompok
12. Tanya jawab
IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No | Kegiatan | Life Skill | Waktu |
I | Pendahuluan 1. Apersepsi - Guru menanyakan kepada siswa darimana informasi yang diperoleh siswa. - Guru menerangkan kepada siswa tentang perusahaan jasa. | Social Skill - Komunikasi lesan | 20 menit |
II | Kegiatan Pokok 1. Siswa diminta untuk mendiskusikan secara kelompok tentang perusahaan jasa. 2. Siswa menguraikan ciri-ciri perusahaan jasa. | 1. Thinking skill - menggali informasi - mengolah informasi 2. Social Skill - Bekerjasama - Komunikasi lisan 3. Academic Skill - Identifikasi variabel | 60 menit |
III | Penutup - Guru memberikan ulasan hasil analisa | Thinking skill - Mengambil keputusan | 10 menit |
V. PENDEKATAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Ketrampilan proses, tanya jawab, diskusi dan penugasan
C. Media pembelajaran .
VI. PENILAIAN
A. Jenis tagihan
- Tugas kelompok
- Pertanyaan lisan
B. Aspek yang dinilai
- Konstribusi dalam kelas
- Pengambilan keputusan
- Penguasaan materi
C. Bentuk soal
- Uraian
Guru Mapel Akuntansi
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/ I
Pertemuan ke : 16
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Kemampuan menganalisis sistem informasi, dasar hukum, struktur dasar dan menerapkan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang
II. KEMAMPUAN DASAR
1.4 Menerapkan tahapan siklus akuntansi perusahaan jasa.
III. MATERI PEMBELAJARAN
1.4.3 Analisis bukti transaksi
V. Metode pembelajaran.
13. Diskusi kelompok
14. Tanya jawab
IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No | Kegiatan | Life Skill | Waktu |
I | Pendahuluan 1. Apersepsi - Guru menanyakan kepada siswa darimana informasi yang diperoleh siswa tentang bukti transaksi - Guru menerangkan kepada siswa tentang analisis bukti transaksi | Social Skill - Komunikasi lisan | 20 menit |
II | Kegiatan Pokok - Siswa diminta untuk mendiskusikan tentang bukti-bukti transaksi. | 1. Thinking skill - menggali informasi - mengolah informasi 2. Social Skill - Komunikasi lisan | 60 menit |
III | Penutup - Guru memberikan ulasan hasil analisa | Thinking skill - Mengambil keputusan - Memecahkan masalah | 10 menit |
V. PENDEKATAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Ketrampilan proses, tanya jawab, diskusi dan penugasan
B. Media pembelajaran : Macam bukti-bukti transaksi asli
VI. PENILAIAN
A. Jenis tagihan
- Tugas kelompok
- Pertanyaan lisan
B. Aspek yang dinilai
- Konstribusi dalam kelas
- Pengambilan keputusan
- Penguasaan materi
C. Bentuk soal
- Uraian
- Objektif
Guru Mapel Akuntansi
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/ I
Pertemuan ke : 17
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Kemampuan menganalisis sistem informasi, dasar hukum, struktur dasar dan menerapkan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang
II. KEMAMPUAN DASAR
1.4 Menerapkan tahapan siklus akuntansi perusahaan jasa.
III. MATERI PEMBELAJARAN
1.4.4 Definisi, bentuk dan fungsi jurnal umum
V. Metode pembelajaran.
15. Diskusi kelompok
16. Tanya jawab
IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No | Kegiatan | Life Skill | Waktu |
I | Pendahuluan 1. Apersepsi - Guru menanyakan kepada siswa darimana informasi yang diperoleh siswa definisi, bentuk dan fungsi jurnal umum - Guru menerangkan kepada siswa tentang fungsi-fungsi jurnal umum | Social Skill - Komunikasi lesan | 20 menit |
II | Kegiatan Pokok - Siswa diminta untuk memaparkan definisi, bentuk dan fungsi jurnal umum | 1. Thinking skill - menggali informasi - mengolah informasi 2. Social Skill - Komunikasi lisan | 60 menit |
III | Penutup - Guru memberikan ulasan hasil analisa | Thinking skill - Mengambil keputusan - Memecahkan masalah | 10 menit |
V. PENDEKATAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Ketrampilan
B. Media pembelajaran : Format jurnal umum
VI. PENILAIAN
A. Jenis tagihan
- Tugas individu
- Pertanyaan lisan
B. Aspek yang dinilai
- Konstribusi dalam kelas
- Pengambilan keputusan
- Penguasaan materi
C. Bentuk soal
- Uraian
Guru Mapel Akuntansi
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/ I
Pertemuan ke : 18
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Kemampuan menganalisis sistem informasi, dasar hukum, struktur dasar dan menerapkan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang
II. KEMAMPUAN DASAR
1.4 Menerapkan tahapan siklus akuntansi perusahaan jasa.
III. MATERI PEMBELAJARAN
1.4.4 Penyusunan Jurnal umum berdasarkan bukti transaksi
V. Metode pembelajaran.
17. Diskusi kelompok
18. Tanya jawab
IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No | Kegiatan | Life Skill | Waktu |
I | Pendahuluan 1. Apersepsi - Guru menanyakan kepada dari mana informasi yang diperoleh tentang pencatatan bukti transaksi kedalam jurnal umum - Guru menerangkan kepada siswa tentang cara mencatat bukti transaksi kedalam jurnal umum | Social Skill - Komunikasi lisan | 20 menit |
II | Kegiatan Pokok 1. Siswa diminta untuk mengerjakan tugas tentang pencatatan bukti transaksi kedalam jurnal umum 2. Siswa diminta untuk mendiskusikan tugas tersebut. | 1. Thinking skill - menggali informasi - mengolah informasi 2. Social Skill - Komunikasi lisan | 60 menit |
III | Penutup - Guru memberikan ulasan hasil analisa | Thinking skill - Mengambil keputusan - Memecahkan masalah | 10 menit |
V. PENDEKATAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Ketrampilan
B. Media pembelajaran : Format jurnal umum
VI. PENILAIAN
A. Jenis tagihan
- Tugas individu
- Unjuk kerja
B. Aspek yang dinilai
- Konstribusi dalam kelas
- Pengambilan keputusan
- Penguasaan materi
C. Bentuk soal
- Uraian
Guru Mapel Akuntansi
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/ I
Pertemuan ke : 19
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Kemampuan menganalisis sistem informasi, dasar hukum, struktur dasar dan menerapkan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang
II. KEMAMPUAN DASAR
1.4 Menerapkan tahapan siklus akuntansi perusahaan jasa.
III. MATERI PEMBELAJARAN
1.4.4 Penyusunan Jurnal umum berdasarkan bukti transaksi
V. Metode pembelajaran.
19. Diskusi kelompok
20. Tanya jawab
IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No | Kegiatan | Life Skill | Waktu |
I | Pendahuluan 1. Apersepsi - Guru memberikan bukti-bukti transaksi kepada siswa untuk dikerjakan | Social Skill - Komunikasi lisan | 10 menit |
II | Kegiatan Pokok Siswa diminta menganalisa dan mencatat bukti transaksi ke dalam jurnal umum | 1. Thinking skill - menggali informasi - mengolah informasi 2. Social Skill - Komunikasi lisan | 60 menit |
III | Penutup - Guru memberikan ulasan hasil analisa | Thinking skill - Mengambil keputusan - Memecahkan masalah | 20 menit |
V. PENDEKATAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Ketrampilan
B. Media pembelajaran : Format jurnal umum
VI. PENILAIAN
A. Jenis tagihan
- Tugas individu
- Unjuk kerja
B. Aspek yang dinilai
- Konstribusi dalam kelas
- Pengambilan keputusan
- Penguasaan materi
C. Bentuk soal
- Uraian
Guru Mapel Akuntansi
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/ I
Pertemuan ke : 20
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Kemampuan menganalisis sistem informasi, dasar hukum, struktur dasar dan menerapkan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang
II. KEMAMPUAN DASAR
1.4 Menerapkan tahapan siklus akuntansi perusahaan jasa.
III. MATERI PEMBELAJARAN
1.4.5 Memposting dari jurnal ke buku besar
V. Metode pembelajaran.
21. Diskusi kelompok
22. Tanya jawab
IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No | Kegiatan | Life Skill | Waktu |
I | Pendahuluan 1. Apersepsi - Guru menanyakan kepada siswa darimana informasi yang diperoleh siswa tentang buku besar. - Guru menerangkan kepada siswa bagaimana memposting dari jurnal ke buku besar. | Social Skill - Komunikasi lesan | 20 menit |
II | Kegiatan Pokok - Siswa diminta untuk mendiskusikan cara memposting dari jurnal ke buku besar. | 1. Thinking skill - menggali informasi - mengolah informasi 2. Social Skill - Komunikasi lisan | 60 menit |
III | Penutup - Guru memberikan ulasan cara memposting dari jurnal ke buku besar dengan benar. | Thinking skill - Mengambil keputusan - Memecahkan masalah | 10 menit |
V. PENDEKATAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Ketrampilan proses, tanya jawab, diskusi dan penugasan
B. Media pembelajaran : Format buku besar
VI. PENILAIAN
A. Jenis tagihan
- Tugas individu
- Unjuk kerja
B. Aspek yang dinilai
- Konstribusi dalam kelas
- Pengambilan keputusan
- Penguasaan materi
C. Bentuk soal
- Uraian
Guru Mapel Akuntansi
RENCANA PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Akuntansi
Kelas / Semester : X/ I
Pertemuan ke : 21
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Kemampuan menganalisis sistem informasi, dasar hukum, struktur dasar dan menerapkan siklus akuntansi perusahaan jasa dan dagang
II. KEMAMPUAN DASAR
1.4 Menerapkan tahapan siklus akuntansi perusahaan jasa.
III. MATERI PEMBELAJARAN
1.4.6 Menyusun neraca sisa
V. Metode pembelajaran.
23. Diskusi kelompok
24. Tanya jawab
IV. KEGIATAN PEMBELAJARAN
No | Kegiatan | Life Skill | Waktu |
I | Pendahuluan 1. Apersepsi - Guru menanyakan kepada siswa darimana informasi yang diperoleh siswa tentang buku besar. - Guru menerangkan kepada siswa bagaimana menyusun neraca sisa. | Social Skill - Komunikasi lesan | 15 menit |
II | Kegiatan Pokok - Siswa diminta untuk mendiskusikan cara menyusun neraca sisa. | 1. Thinking skill - menggali informasi - mengolah informasi 2. Social Skill - Komunikasi lisan | 60 menit |
III | Penutup - Guru memberikan ulasan cara menyusun neraca sisa. | Thinking skill - Mengambil keputusan - Memecahkan masalah | 15 menit |
V. PENDEKATAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN
A. Pendekatan : Ketrampilan proses, tanya jawab, diskusi dan penugasan
B. Media pembelajaran : Chart / bagan
VI. PENILAIAN
A. Jenis tagihan
- Tugas individu
- Pertanyaan lisan
B. Aspek yang dinilai
- Konstribusi dalam kelas
- Pengambilan keputusan
- Penguasaan materi
C. Bentuk soal
- Uraian
Guru Mapel Akuntansi
1 komentar:
Sloty Casino Hotel & Spa - MapYRO
› casino › hotel-and-spa 인천광역 출장마사지 당진 출장샵 › casino › hotel-and-spa View 36 photos 안산 출장마사지 and 768 tips from 2181 visitors to Sloty Casino 원주 출장샵 Hotel & Spa. "Just an ordinary room, I got two awesome 동두천 출장안마 hotel rooms"
Posting Komentar